Wednesday, February 3, 2016

Merawat akun media sosial

oleh: Supangat Abdurrafi

Sebagai pengguna media sosial ( medsos = socmed ), saya sering melihat ada teman yang berganti akun dan memulai pertemanan dari nol lagi. Ada yg akun Facebook-nya tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi ( password ), ada yang akun BBM-nya ganti, dan sebagainya.

Biasanya kalau seseorang berganti akun, maka semua datanya akan mulai dari awal lagi, dan dia harus merelakan hilangnya ( anggap saja hilang, sebenarnya masih ada ) data yang ada di akun sebelumnya. Semua "update status" di Facebook ( Fb ), foto-foto, video, dan sebagainya, harus direlakan. Semua kontak di BBM ( Blackberry Messenger ) juga harus di-invite ulang.
Merepotkan ? Ya, pasti.

Adakah cara untuk mengantisipasi hal-hal begitu ? Tentu. Dan hal itu sebenarnya sudah disediakan oleh penyedia socmed yang bersangkutan. Misalnya Fb; pasti meminta alamat email atau nomor ponsel. Alamat email dan nomor ponsel ini akan sangat berguna tatkala anda tidak bisa membuka akun anda karena lupa kata sandi. Jika anda lupa kata sandi, sebenarnya tidak perlu membuat akun baru. Namun cukup menekan tombol yang menunjukkan bahwa anda lupa kata sandi, dan selanjutnya anda akan dipandu dengan langkah berikutmya. Di antaranya adalah anda akan diberi kode yang baru supaya bisa membuka kembali akun anda tersebut.  Nah, kode yang baru itu akan dikirimkan ke alamat email anda atau nomor ponsel anda.

Sayangnya solusi seperti itu kadang-kadang ada yang belum tahu. Nah, bagi yang belum tahu, mudah-mudahan bisa membaca info seperti ini. Atau kadang-kadang ada juga yang sudah tahu, tetapi sayangnya alamat email yang dia pakai sudah hangus. Atau nomor ponsel yang dia pakai sudah berubah dan tidak meng-update nomor yang didaftarkan di akun socmed.

Oleh karena itu, alangkah baiknya:
1) Peliharalah agar alamat email anda tetap aktif, tidak kadaluarsa ( expired ). Caranya bagaimana ? Ini biasanya tergantung kepada pihak penyedianya. Kalau email berbayar ya tergantung kepada kelancaran pembayaran anda. Kalau email gratisan biasanya ada yang mengharuskan untuk "login" / "sign in" minimal sekian bulan sekali. Oleh karena itu sebaiknya bukalah email anda secara berkala.
2) Perbaharuilah data anda di akun socmed jika anda berganti alamat email ataupun nomor ponsel.

Demikianlah tip kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment