Sunday, April 9, 2017

BBM vs WhatsApp

Mari kita perhatikan bersama dua aplikasi pesan instan  ( instant messaging ) yang sangat populer, yaitu BBM ( BlackBerry Messanger ) dan WhatsApp Messanger. Kita lihat beberapa fitur dan kemampuannya.


Deletion

Kemenangan  BBM: BBM mampu menghapus pesan yg sudah terlanjur terkirim / dikirim. Bukan hanya menghapus pesan tersebut di HP pengirim, tetapi juga mampu menghapus pesan tsb dari HP penerima. Inilah fungsi retract. WhatsApp belum bisa.

Kemenangan WhasApp: WhatsApp bisa menghapus beberapa pesan yg dipilih secara sekaligus. Beberapa pesan yang dipilih -- baik dipilih secara berurutan maupun secara acak, bukan semua pesan ( clear chat ). BBM belum bisa.

Konsumsi memori
Beberapa hari yang lalu saya membandingkan konsumsi memori aplikasi BBM dan WhasApp, ternyata BBM mengkonsumsi memori 4x lipat dari WhatsApp. WhatsApp sekitar 20 MB dan BBM sekitar 80 MB. Jadi tidak mengherankan kalau banyak orang yang mengeluhkan BBM lebih lambat dibandingkan WhatsApp.

Grup
Grup di BBM memungkinkan anggotanya membuat banyak chat-room. Sehingga anggota bisa membahas satu topik yang berbeda di chat-room yang berbeda pula; tetapi masih dalam satu grup. Ini yang tidak dimiliki WhatsApp sehingga membutuhkan grup yang berbeda untuk topik yang berbeda atau tetap berada di satu grup tetapi susunan chat menjadi acak-acakan. Kondisi ini membuat BBM unggul karena satu grup BBM dengan 5 chat-room sudah mirip dengan 5 grup WhatsApp. Ini kemenangan psikologis yg sangat bagus bagi BBM. Mari kita bayangkan satu orang ikut 5 grup BBM dan masing-masing grup memiliki 5 chat-room. Berarti totalnya ada 25 chat-room. Kalau di WhatsApp berarti seperti memiliki 25 grup. Akibatnya orang akan merasa terlalu banyak grup. Yang ikut 8 grup saja kadang-kadang merasa sudah terlalu banyak, apalagi 25 grup. Namun di BBM yg totalnya misalnya 25 chat-room seperti di atas, anggotanya tetap merasa hanya ikut 5 grup.

Variasi huruf
Penulisan pesan di aplikasi WhatsApp bisa dilakukan dengan menggunakan variasi huruf yang dapat berupa huruf biasa, huruf miring, huruf tebal, huruf dicoret, dan jenis huruf courier. Ini belum tersedia di BBM.

Direct reply
WhatsApp memungkinkan kita membalas chat langsung dikhususkan untuk chat tertentu meskipun sudah terlewat jauh. Ini belum tersedia di BBM.

Time stamp
Pesan-pesan di BBM dan WhatsApp sama-sama memiliki tanda waktu kapan terkirim. Namun pesan di BBM tidak memiliki tanda waktu kapan pesan tersebut dibaca. WhatsApp memilikinya. Terlebih lagi untuk chat di grup, WhatsApp memiliki catatan siapa saja anggota grup yang sudah menerima pesan tersebut, kapan diterimanya, siapa saja yang sudah membacanya, dan kapan membacanya.

Update status
Fasilitas dan tampilan untuk update status di BBM tampak lebih hidup dan dinamis daripada WhatsApp. Inilah salah satu yang banyak dimanaatkan oleh pengguna BBM untuk menjalankan bisnis melalui update status.

Transfer file
Kemampuan transfer file WhatsApp ternyata lebih unggul dibanding BBM. Baik file audio, video, maupun pdf. Hanya file html yang keunggulannya dimiliki BBM.

Menandai pesan penting
Dari sekian banyak pesan yang kita terima, sering di antaranya berupa pesan yang sangat penting atau artikel yang sangat bagus dan bisa jadi kita akan membacanya kembali di lain waktu. Namun sayangnya pesan / artikel itu bisa cepat tergulung oleh pesan / artikel baru. Oleh karena itu adanya fasilitas untuk menandai pesan tertentu menjadi sangat bermanfaat. Fasilitas inilah yang di aplikasi WhatsApp dilambangkan dengan tanda bintang. Dan pesan berbintang ini selain memungkinkan untuk dicari dengan mudah juga bisa dikecualikan saat penghapusan seluruh pesan. Jadi, kita bisa menghapus seluruh pesan ( clear chat ) keculai pesan berbintang ( optional, artinya pesan berbintangnya bisa ikut dihapus dan bisa juga tidak ikut dihapus ). Fasilitas ini belum tersedia di BBM.

Itulah sedikit ulasan mengenai BBM dan WhatsApp "head to head". Sisanya yang belum dibahas tentu masih banyak dan bisa dieksplorasi lagi.

Semoga bermanaat.

No comments:

Post a Comment